Conth Cerpen Sumpah Pemuda

blogger templates
kumpulan ucapan selamat ulangtahun dalam bahasa inggris Conth Cerpen Sumpah Pemuda. -Acara perlombaan sumpah pemuda disekolahku terasa kurang persiapan. Disekolahku mengadakan perlombaan pidato, debat, puisi dan cerpen. Aku mengikuti salah satu lomba itu. Cerpen.

Aku bingung bagaimana caranya mengarang cerpen beertemakan sumpah pemuda dalam satu hari. Seperti yang Aku katakana tadi perlombaan ini terasa kurang persiapan dan mendadak. Bagaiman tidak aku hanya diberi kesempatan satu hari untuk menulis cerpen.


cerita sedih romantis terbaru. -Bagiku yang sama sekali belum pernah mengarang cerpen sebelumnya, ini terasa sangat sulit. Paling tidak butuh waktu satu minggu bagiku untuk membuat cerpen yang layak dibaca orang lain. Andai saja acara perlombaan ini diberitahukan seminggu sebelumnya Mungkin aku bisa membuat sesuatu yang pantas disebut cerpen.

Hmm, tapi aku tidak akan menyerah begitu saja, malam ini aku harus menyelesaikan cerpenku untuk mengharumkan nama baik kelas—XII Ipa2—tercinta.

Langkah pertama untuk membuat cerpen tentang sumpah pemuda adalah aku harus tahu sejarah sumpah pemuda itu sendiri. Jujur saja, walaupun aku sudah kelas tiga SMA, aku belum mafhum benar tentang sumpah pemuda. Menurut `Mr. Google`— Mr. Google adalah sebuah situs search engine—sumpah pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan proses kelahiran bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonias pada saat itu, kondisi inilah yag mendorong pemuda saat itu untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia.

Mungkin langkah awal yang kuambil sekaligus langkah terakhirku mengarang cerpenku. Aku bingung. Kehabisan inspirasi. Aku tidak tahu harus menulis apa.

Kebingunganku sangat mendalam, aku tidak tahu caranya untuk mengemasa sebuah cerpen dari sejarah sumapah pemuda tersebut. Aku kehabisan inspirasi.

Tapi, menurutku kehabisan inspirasi adalah hal yang lumrah terjadi pada seorang penulis. Ya sudah, karena aku bukan tipe jenius, jadi pastinya akan dilanda keadaan ini. Menurutku cara terbaik mengatasinya adalah baca buku. Tulisan atau kutipan dari orang lain yang mempunyai `wow effect` tentunya sangat bagus. Khususnya aku yang sedang dilanda kebingungan ini.

Usai mencari sebuah inspirasi, aku akhirnya diam saja sambil membatin “Aku harus bisa menyelesaikan cerpenku ini, demi mengharumkan nama baik kelas!”. Aku kembali menulis cerpenku.

Karya : Wendy Desrullah Prada

0 Response to "Conth Cerpen Sumpah Pemuda "

Posting Komentar