Contoh Cerpen Sumpah Pemuda

blogger templates
Semangat Pemuda
Banyak ungkapan yang menyatakan betapa pentingnya peran generasi muda untuk masa depan suatu bangsa. Generasi muda adalah harapan masa depan dan tulang punggung bangsa. Generasi muda adalah cermin kehidupan suatu bangsa yang akan datang. Di tangan generasi mudalah terletak nasib bangsa karena mereka sebagai generasi penerus, penjelma cita-cita luhur pendahulu, proklamator, dan para pejuang serta pahlawan kesuma bangsa, maka tidak berlebihan apabila masa depan ini kami gantungkan pada pundak generasi muda.

cerita romantis bikin terharu. -Dalam sejarah perjuangan bangsa, pemuda Indonesia telah banyak memberikan contoh, betapa peran pemuda sangat menentukan bagi kemerdekaan bangsa Indonesia, pemuda pada masa itu patut dibanggakan karena benar-benar berjiwa kesatria dalam membela tanah air walaupun harus berhadapan dengan para penjajah. Mereka para pemuda tampil dengan gagah berani demi berkibarnya sang saka Merah Putih di pangkuan wilayah ibu pertiwi.
Pada masa penjajahan Belanda, ketika rakyat Indonesia belum menyadari pentingnya persatuan dalam mencapai kemerdekaan, pemuda Indonesia kemudian tampil untuk mempelopori dan memberikan pembelajaran bahwa persatuan dan kesatuan adalah modal utama sebagai amunisi ampuh dalam mencapai Indonesia merdeka adalah pada tanggal 28 Oktober 1928 melalui Kongres Pemuda Indonesia ke-2 di Yogyakarta yang diikuti oleh seluruh perwakilan pemuda di bumi Nusantara menghasilkan pernyataan bersama tentang persatuan Indonesia dalam pergerakan menuju Indonesia Merdeka, yang kemudian sekarang kita kenal dengan istilah “SUMPAH PEMUDA”, yaitu berbangsa satu, bangsa Indonesia, berbahasa satu, bahasa Indonesia dan bertanah air satu, tanah air Indonesia. Di saat itu pula pertama kali dinyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
Kemudian peristiwa maha penting lagi bagi kemerdekaan ini, kembali ditunjukkan oleh Pemuda Indonesia pada masa penjajahan Jepang masa menjelang kemerdekaan Indonesia. Setelah sekutu menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki maka menyerahlah Jepang pada sekutu. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pejuang dan pemimpin bangsa, terutama para pemuda yang terus mendesak kepada golongan tua agar segera memproklamirkan Indonesia, terjadilah ketegangan antara golongan muda dan golongan tua, oleh karena golongan tua tetap menunggu janji Jepang untuk memberikan kemerdekaan Indonesia. Hal seperti ini tidak diinginkan oleh para pemuda di mana mereka ingin segera Indonesia merdeka tanpa menunggu janji Jepang. Singkat kata, akhirnya terjadilah peristiwa penculikan Rengasdengklok pada tanggal 15 Agustus 1945, yang pada akhirnya disusunlah teks proklamasi bangsa Indonesia oleh Seokarno-Hatta.

Uraian singkat tentang peran pemuda dalam perjuangan bangsa demi kemerdekaan ini bermaksud untuk menggambarkan betapa besar peran generasi muda dalam sejarah Indonesia merdeka. Mereka mempunyai semangat juang yang tinggi dalam menegakkan kebenaran dan keadilan. Mereka juga mampu mendahulukan kewajiban dari pada hak demi kepentingan bangsa. Mereka berjuang tanpa pamrih tidak ingin dipuji oleh siapapun. Mereka rela berkorban berjuang dengan tulus ikhlas. Mereka juga punya semangat yang terus menggelora demi tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia.

Pada akhirnya diharapkn, pada masa sekarang ini, generasi muda harus mampu tampil bekerja dan berjuang demi membela kebenaran dan keadilan. Jadilah pemuda harapan bangsa, jangan jadi pemuda yang dapat merugikan diri sendiri, juga orang lain. Generasi muda harus kuat dalam prinsip dan kebenaran. Generasi muda tidak seharusnya terbius oleh pergaulan yang kurang baik dan melanggar norma agama, seperti pergaulan bebas, minum-minuman keras, berjudi, kecanduan obat-obatan terlarang dan yang lainnya. Bangkitlah generasi muda, bekalilah diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Manfaatkanlah segala kemampuan demi kebaikan bersama. Wahai generasi muda Indramayu, khususnya, bangkit dan raihlah ilmu pengetahuan setinggi langit demi kemajuan bumi Wiralodra yang tercinta “HIDUP INDRAMAYU REMAJA”.

0 Response to "Contoh Cerpen Sumpah Pemuda"

Poskan Komentar